Minggu, September 25, 2011

Kompasiana Blogshop Balikpapan Part 2 ( Kiat Menulis Cepat dan Menarik with Pepih Nugraha)


Pemandangan dari ruangan event Kompasiana Blogshop Balikpapan
Salam Blogger! Sesuai dengan janji saya, saya akan menceritakan dan membagikan apa saja kiat-kiat menulis cepat dan menarik dari Om Pepih Nugraha. Ini adalah bagian penting dari bagian yang di tunggu.
Apakah menulis itu susah? Ada masalah dengan menulis? Nah, Om Pepih membagikan ini kepada semua temen2 yang hadir di Blogshop. Masalah tentang itu semua juga di bagikan sama Om Pepih Nugraha. Wah, ini point menulis saya bagikan. Enggak apa-apa, saya ikhlas. Yang penting kita semua bisa menjadi penulis yang bener-bener penulis.
Problem yang pertama mungkin anda merasa tulisan anda jelek. Sebelumnya  saya mau memberikan patokan. Setiap orang pernah memiliki kesalahan, dan biasanya kesalahan atau kegagalan itu adalah awal mula dari kemenangan. Bener nggak? Jadi biarlah anda menganggap tulisan anda jelek. Tapi, buktikan kepada dunia kalau suatu saat tulisan anda akan di sukai banyak orang.
Problem yang kedua dan yang ketiga berhubungan dengan ide. Apakah anda tahu apa maksud dari ide itu yang sesungguhnya? Ide itu adalah bagian dari sesuatu yang keluar dan muncul dari pikiran kita. Anda bikin status di FB misalnya, masa itu bukan ide namanya? Jadi, ide dapat keluar dimana aja. Jika anda juga susah memulai tulisan padahal ide itu ada, bertanyalah pada diri anda sendiri dengan ide itu. Apa sih ide anda? apa sih yang berhubungan dengan ide anda? dari sini saya yakin akan dapat memulai tulisan anda dengan gampang dan mudah. Saya sudah mencobanya. Satu kalimat dari saya, your idea is your self.
Yang keempat mungkin anda menganggap diri anda sendiri itu tidak bisa menulis. Itu bohong! Apa alasan anda untuk mengungkapkan diri anda tidak bisa menulis? Bukankah solusinya sudah saya jelaskan di ketiga problem di atas?
Nah, jika anda sudah siap untuk menulis saya akan memberikan tips yang di sampaikan Om Pepih pada sesi kedua Kompasiana Blogshop yang berlangsung di lantai 9 Hotel Pacific Balikpapan.
Yang pertama gimana sih biar cepet nulis? Tulis apa yang anda suka. Misalnya anda suka politik, kenapa nggak kita bahas masalah Nazaruddin? Kalaupun anda tidak suka politik., tulis apa yang anda kuasai. Anda seorang penggemar IT? Atau anda seorang olahragawan? Kenapa tidak anda jadikan tulisan? Anda malas membahasnya? Tulis apa saja yang terlintas di kepala anda. Ini adalah yang pasti ada. Jika anda masih menganggap dengan ini anda tidak bisa menulis, maka saya bisa menilai anda sebagai orang yang kerjaannya hanya tidur seharian.hehee.
Next, jangan terpaku judul. Tulis saja apa yang anda tulis. Judul bisa kapan aja. Belakangan juga boleh. Yang terpenting tulisan anda sudah ada dan siap untuk anda publish-kan ke pembaca. Namun ada hal yang harus di perhatikan saat menulis. Jangan menulis/edit di kepala, tuangkan saja apa yang ada. Toh kita masih bisa edit di akhirnya sebelum kita publih tulisan. Bener nggak? Terus, jangan baca tulisan berulang-ulang, selesaikan saja tulisan anda. itu bisa mengganggu konsentrasi anda dalam menulis. Bahkan itu bisa membuyarkan ide yang terlintas dalam fikiran anda.
Selanjutnya, jangan terlalu terpaku pada buku, pendapat anda saja. Ingat, menulis itu tidak akan enak jika itu bukanlah hasil kita. Menulis itu tidak akan nikmat jika tulisan anda itu hanyalah kutipan belaka. Sama seperti kita bekerja, bagaimana rasanya makan gajih buta? Kerja aja enggak duit di depan mata. Walaupun tulisan anda banyak pembacanya, kalau itu hanya kutipan atau pembaruan dari data yang anda punya itu tidak akan berharga. Bukannya saya menyalahkan anda untuk membaca. Namun, bisakah itu di jadikan sebuah motivasi untuk anda memikirkan “apakah anda yakin dengan ini?”
Yang ini mungkin kalian punya cara masing. Dan tahu bagai mana harus melakukannya. Judul. Gimana sih biar judul menarik? Buatlah judul yang unik, agar pembaca ingin mengetahui isinya. Judul boleh nyeleneh, tapi jangan coba-coba ngawur dalam menuliskan judul. Agak menggelitik lah, agar menarik perhatian pembaca. Judul itu gak perlu panjang sepanjang jalan. Cukuplah untuk di baca dengan 1 hela nafas. Jangan lupa juga, judul itu menggambarkan isi.
Terus Teaser kita sebut aja penggoda, taruh aja di paragraf pertama, sebagai makanan pembuka. Namun membuat pembaca semakin lapar ketika membacanya. Semakin ingin membaca lebih jauh. Teaser harus bisa membetot perhatian. Agar si pembaca tambah lapar. Bolehlah di sisipkan sedikit puisi, queto atau petikan. Itu bisa membantu namun harus tepat pada isi postingannya.
Untuk body, bertuturlah runtut jangan acak-acakan. Atau boso jowone amburadul. Gunakan bahasa yang sederhana. Jangan terlalu banyak istilah deh kalau perlu. Kasian yang baca. muatlah fakta/data di setiap tulisan anda, sisipkan sedikit anekdot, lucu agar tidak terlalu terpaku dengan apa yang anda tulis. Dan agar si pembaca ringan menerima tulisan anda. yang terakhir jadilah diri sendiri di tulisan anda.
Penutup, kalian pasti bisa ngebayangin. Kesimpulan, pantun juga boleh.jangan lupa klimaks-nya harus kuat dengan apa yang anda tulis. Paling tidak berhubungan dengan tagline lah. Siap!
Tulisan bermanfaat harus informative. Dan itu wajib. Sharing pengalaman juga bermanfaat lho? Tapi asal mencerahkan. Dan dengan kata kunci menulislah untuk pembaca.
Sebelum saya menyudahi artikel yang satu ini, saya kembali akan menyampaikan bahwa saya akan menulis tentang Tips dan Trik menulis novel yang di berikan Om Pepih Nugraha.
Terimakasih dan salam blogger Kompasianer Balikpapan.

1 komentar:

norjik mengatakan...

Keren asli Ulasanya *jempol*