Sabtu, September 24, 2011

Kompasiana Blogshop Balikpapan Part.1 ( Fungsi dan Tujuan Social Blogging with Iskandar Zulkarnaen)

Assalamualaikum, bagi anda yang kemaren tidak bisa hadir dalam event Kompasiana Blogshop jangan takut. Hari ini saya akan membahas tentang event Kompasiana yang di adakan di Hotel Pacific Balikpapan ini dengan jelas. Mohon bagi teman2 yang hadir, jika ada kekeliruan tentang apa yang saya sampaikan harap masukannya.
Kompasiana adalah social blogging asli Indonesia. Dari namanya mungkin anda sudah mengetahui kalau Kompasiana adalah bagian dari Kompas. Jadi, Kompasiana juga akan memberikan info kepada kita. Tapi info yang kita peroleh berasal langsung dari orang yang berasal dari golongan seperti kita. Ini membuktikan bahwa apa yang kita baca bukanlah hasil tulisan dari para editor atau hasil wawancara wartawan. Ini adalah hasil dari orang yang sama seperti kita.
Ini mungkin akan menjadi pengalaman yang dapat saya bagi kepada anda. Di event kali ini, Kompasiana menghadirkan Editor Kompasiana, Iskandar Zulkarnaen sebagai penyampai materi bersama seseorang yang saya bingung harus manggil apa. Mungkin Om Pepih Nugraha aja. Beliau adalah Senior Reporternya Kompas. Jadi acara ini nggak main-main. Bahwa Kompasiana siap memberikan yang terbaik kepada Kompasianer (Sebutan Blogger-nya Kompasiana ).
Pada sesi pertama, mas Iskandar menjelaskan apa sih fungsinya Kompasiana sebagai Social Blogging? Jadi, Kompasiana itu memberikan kesempatan kepada masyarakat yang hobi nulis untuk mempublikasikan tulisan mereka kepada orang lain. Mungkin banyak yang bertanya “kenapa sih tulisanku pembacanya sedikit?” Nah, di Kompasiana temen-temen Blogger enggak perlu takut. Di sini Kompasiana punya index di home mereka. Itu akan membantu pembaca menunjukkan kalau ini loh posting-an terbaru. Kalaupun juga udah kelewatan dari index, Kompasiana juga akan meletakkan Postingan kalian di kolom Highlight. Jangan bilang kalau anda sekarang lagi lompat-lompat di atas kasur, atau joget nggak karuan di depan gadjet anda.
Maksud Kompasiana itu adalah menampilkan bahwa “ini loh karya tulis orang yang hobi nulis walaupun bukan orang ternama, ini loh Citizen Jurnalism. Mungkin kalian bingung dengan istilah Citizen Jurnalism? Sama, saya juga bingung. Hehee… Tapi saya berpendapat kalau maksud dari istilah tersebut adalah berita si masyarakat. Mungkin ada juga yang berpendapat berita dari masyarakat. Tapi itu semua terserah sama kalian. Yang jelas saya sudah memaparkan apa sih Kompasiana? Kompasiana itu adalah Citizen Jurnallism. Terus, Citizen Jurnalism itu apa? Ini contohnya, Kompasiana.
Yang saya tangkap dari penjelasan Mas Iskandar, di dalam Citizen Jurnalism itu kegiatannya bukan hanya nulis. Berkomentar juga Citizen Jurnalism. Bahkan kita yang hanya sekedar membacapun juga di sebut Citizen Jurnalism. Namun yang kali ini saya bahas dan juga yang di bahas mas Iskandar adalah, kita sebagai blogger di Citizen Jurnalism. Mari kita kupas tuntas.
Mas Iskarndar Zulkarnaen menjelaskan kegiatan Blogger itu menulis, blogwalking sambil komentar, berinteraksi dengan pembaca dan juga mempromosikan diri.
-  Menulis, tulisan kita harus di perhatikan. Tidak sembarangan. Dan jugatulisan kita yang memiliki kualitas. Karena tulisan itu menggambarkan diri kita. Yakin deh, si pembaca akan tahu anda hanya lewat tulisan anda.
-  Penulis itu gak harus konsen dengan apa yang dia tulis. Penulis bisa blogwalking ke blog tetangga, berkomentar. Berinteraksi dengan blogger lain. Namun anda juga harus memperhatikan komentar anda. Apakah komentar anda bermanfaat bagi penulis atau pembaca lain?
-  Berinteraksi dengan pembaca, maksudnya adalah apakah tulisan anda bisa di tangkap dengan gampang oleh pembaca? Jangan berfikir bahwa tulisan anda terbaik, apakah pembaca menilainya begitu? Jadi, usahakan tulisan anda enak untuk di baca oleh pembaca. Terkecuali postingan anda hanya untuk anda sendiri.
-  Yang terakhir promosi diri. Saya yakin semua sudah mempromosikan diri, mungkin blog yang anda kelola udah anda subscript ke akun facebook anda atau akun twitter anda. Dan cara itu memang cara yang baik. Bahkan mungkin anda sudah mempromokan blog anda saat anda berkomentar di posting-an blog teman anda. Ingat Yang kedua, komentar harus bermanfaat.
Untuk sesi kali ini hanya ini yang akan saya posting. Mungkin karena mala mini saya sangat capek karena seharian berada di Hotel Pacific demi sebuah event yang saya tunggu. Di postingan berikutnya saya akan membahas ulasan ringkas saya tentang “KIAT MENULIS CEPAT DAN MENARIK” yang di sampaikan Om Pepih Nugraha. Dan Juga “TIPS KHUSUS BAGI NOVELIS” yang saya bahas empat mata sama Om Pepih berserta diskusi dan beberapa pertanyaan yang saya lemparkan ke beliau.
Terimakasih teman-teman Blogger yang meluangkan waktunya untuk membaca postingan saya kali ini.

1 komentar:

enggink mengatakan...

wah rugi ngga ikut berarti kemarin saya